Nama : Arzeti Fadhila Prabasari

NIM : 21/480419/SV/19635

Kelas : PEK 51

MBTI : ISTJ-A

LATIHAN 1


Pertanyaan

Mengapa pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan? Anda bisa menjelaskan dengan memberikan ilustrasi satu contoh sistem informasi nyata yang digunakan oleh suatu institusi.

Jawab

Pemerintah/pemerintah daerah memerlukan sistem informasi dalam proses pembangunan karena berisi informasi-informasi terkait wilayah tersebut dan dapat diakses dengan mudah oleh disetiap orang, yang mana informasi tersebut dapat menjadi bahan dalam pengambilan keputusan dalam konteks perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi. Selain itu sistem informasi juga penting untuk proses penyusunan perencanaan pembangunan.

Sebagai contoh sistem informasi di Kota Yogyakarta adalah Jogja Smart Service (JSS). JSS merupakan aplikasi pemerintah Kota Yogyakarta yang berisi segala informasi terkait kepemerintahan dan kewilayahan Kota Yogyakarta. Pada aplikasi tersebut kita dapat mengetahui berbagai informasi berupa berita-berita terbaru, lowongan pekerjaan, konsultasi belajar siswa, CCTV online, kesehatan yang mana terdapat pendaftaran klinik kesehatan secara online, kampung wisata, event-event, layanan WiFi gratis, layanan pengaduan masyarakat seperti lampu apill mati, dan lainnya. Bahkan pada aplikasi tersebut juga dapat memproses segala hal yang berkaitan dengan kepemerintahan Kota Yogyakarta salah satunya adalah mengajukan izin pada Dinas PMPTSP secara online dengan mudah. Saya sendiri pernah melakukan pengajuan izin magang kepada Dinas PMPTSP pada aplikasi JSS tersebut secara online dan proses pengurusan izin tersebut hanya memakan waktu selama 3 hari.

Dengan demikian bahwa pentingnya pemerintah/pemerintah daerah memiliki sebuah sistem informasi karena segala bentuk informasi dapat dengan jelas tersampaikan kepada masyarakat seperti sistem informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yaitu Jogja Smart Service (JSS), dimana sistem informasi JSS tersebut sangat memudahkan masyarakat untuk mengakses segala informasi secara faktual dan dapat mengurus pengajuan perizinan, pemindahan Kartu Keluarga (KK), dan pengurusan apapun yang berkaitan dengan Pemerintah Kota Yogyakarta secara mudah dan cepat. Selain itu, bagi Pemerintah Kota Yogyakarta dapat menjadikan sistem informasi JSS tersebut sebagai penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan kedepannya karena adanya aduan atas aspirasi dari masyarakat yang dapat diketahui langsung oleh pemerintah.